Survei Sikap Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Terhadap Aksi Demonstrasi
Kabar Kilas

Lewat “CoC Care”, BEM FISIP Unnes Ingatkan Pentingnya Kesehatan Mental 

Massa aksi membagikan bunga mawar kepada pengguna jalan di Simpang Tujuh, Unnes, Jumat (4/10). [BP2M/Rifky]
Massa aksi membagikan bunga mawar kepada pengguna jalan di Simpang Tujuh, Unnes, Jumat (4/10). [BP2M/Rifky]

Departemen Pendampingan Kekerasan Seksual dan Kesehatan Mental (PKSKM) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (BEM FISIP) Universitas Negeri Semarang (Unnes) menggelar aksi solidaritas bertajuk “CoC Care” dalam rangka edukasi terkait isu kesehatan mental di Simpang Tujuh, Unnes, Jumat (4/10). 

Aksi ini diadakan sebagai respons atas tragedi seorang mahasiswa Unnes yang mengakhiri hidupnya pada Kamis (3/10).


Ketua BEM FISIP Unnes Miftahul Zikri Nugraha menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan seluruh mahasiswa Unnes agar terus melanjutkan hidup dan berjuang meraih gelar yang tengah diperjuangkan.

“Aksi ini diadakan sebagai reaksi atas peristiwa tersebut untuk mengingatkan dan memberi semangat kepada teman-teman mahasiswa Unnes bahwa hidup masih perlu dilanjutkan untuk melakukan atau menciptakan hal baik,” ungkapnya.

Ia menambahkan, “aksi ini juga bertujuan untuk mengingatkan teman-teman semua agar terus melanjutkan hidup, memperjuangkan gelar yang tengah diperjuangkan, dan membahagiakan orang tua di rumah. Harapannya, dengan adanya aksi ini, tidak ada lagi mahasiswa yang mengakhiri hidupnya sendiri.”

Pesan motivasi pada bunga mawar yang dibagikan kepada pengguna jalan. [BP2M/Rifky]

Koordinator Acara, Alfira mengungkapkan bahwa kegiatan ini juga merupakan pengingat mengenai pentingnya kesadaran terhadap kesehatan mental kepada mahasiswa Unnes.

“Tujuan dari kegiatan ini kita mau membantu masyarakat, khususnya mahasiswa Unnes, biar mereka tahu mereka nggak sendirian. Masih ada yang peduli sama mereka, masih ada yang aware soal kesehatan mental, dan mengedukasi mereka untuk jangan sampai menyerah karena bantuan itu selalu datang,” ujarnya. 

Aksi ini meliputi beberapa kegiatan, di antaranya kampanye kesehatan mental, pembagian bunga mawar kepada para pengguna jalan yang melintas, penyampaian pesan melalui tulisan di dinding ekspresi, serta pembentangan spanduk sebagai simbol solidaritas.

Selain itu, Zikri juga menjelaskan mengenai program kerja Departemen PKSKM BEM FISIP Unnes bertajuk “Ruang Bercerita”. 

Program ini merupakan layanan konseling sebaya yang bertujuan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa FISIP Unnes untuk menyampaikan keluhan dan permasalahan yang mengganggu kesehatan mental mereka.

“Jika ingin bercerita di Ruang Bercerita, bisa langsung mengunjungi akun Instagram @creatorofchanges yang merupakan akun resmi Departemen PKSKM. Di sana, terdapat tautan yang dapat diklik, dan teman-teman akan diarahkan untuk mengikuti prosedur konseling yang telah disediakan,” jelasnya. 

Reporter: Arindra Rifky S, Rosa Maria G

Penulis: Arindra Rifky S

Editor: Novyana

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *