Penampilan Tipe-X di Unnes Inaugurasi 2015 (26/11) [Doc. BP2M]

“Beginilah musik SKA, musik yang dapat membangkitkan semangat hidup,” tutur Tresno Riadi, Vocalis band Tipe-X 

Kamis (26/11) Forum UKM Unnes hadirkan band Tipe-X dalam acara Unnes Inagurasi 2015. Tipe-X yang membawakan genre musik SKA, tetap konsisten sejak kemunculannya di dunia musik. Musik SKA yang lahir di negara Jamaika pada akhir tahun 1950, mempunyai ciri khas jalur bass yang berjalan dengan aksentuasi pada ritme upbeat.

“Sejak berdirinya Tipe-X 1995 sampai sekarang kami tetap konsisten pada musik SKA” ungkap Tresno. Ia menambahkan bahwa bermain musik harus konsisten untuk membuktikan pada masyarakat luas bahwa Tipe-X konsisten dalam bermusik.

Tipe-X memilih genre SKA dalam bermusik karena saat itu belum banyak orang yang tahu. “Awalnya memang belum banyak orang tau tentang genre musik ini, kami lalu mencoba membawakannya dan ternyata cocok,” ungkap Tresno. Menurutnya, musik SKA di Indonesia sebenarnya sudah berkembang pesat di Indonesia pada tahun 1999, namun tidak banyak terekspose di televisi.

SKA menurut Tresno merupakan musik alternatif, “SKA merupakan musik pilihan saat seseorang sudah terlalu jenuh dengan musik yang masih tren”.

SKA juga cukup populer di kalangan mahasiswa dan banyak digemari. “Bisa dilihat saja, fans Tipe-X banyak dari kalangan mahasiswa” tutur Tresno.

Evi Arifiani selaku ketua panitia Unnes Inaugurasi 2015 juga sependapat dengan apa yang diungkapkan Tresno. “Kami hadirkan Band Tipe-X karena membawa animo musik mahasiswa Unnes. Ada banyak pecinta SKA di Unnes” ungkapnya. [Dian, Micil, Rais]