Foto Tari jaran eblek
Foto Tari Jaran Eblek[Doc. BP2M]

Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif 1 Universitas Negeri Semarang Kelurahan Purwosari mengadakan pertunjukan Jaran Eblek, Minggu (1/3).

Pertunjukan yang diisi oleh tarian jaranan dari kelompok Jaranan Eblek Satriya Budaya Muda ini diselenggarakan di lapangan Dukuh Gilisari, Kelurahan Purwosari. Menurut Khasan Muaraf, selaku koordinator desa, Pertunjukan ini merupakan wujud pelestarian budaya asli Kelurahan Purwosari.

“Melalui pementasan ini, diharapkan minimal mampu mengenalkan kebudayaan kepada warga, yang selanjutnya harapannya mampu dilestarikan warga. Terlebih Kelurahan Purwosari yang mana sudah ada Jaran Eblek namun pelestariannya belum maksimal. Jelasnya.

Program KKN yang menunjukkan kebudayaan tarian Jaran Eblek ini mendapat apresiasi yang baik dari Lurah Purwosari, Junaedi. Yang mengungkapkan bahwa pementasan Jaran Eblek ini merupakan hal yang luar biasa.

Pementasan Jaran Eblek ini merupakan hal yang luar biasa. Tim KKN juga meninggalkan kesan yang mendalam bagi Kelurahan Purwosari. Terlebih kegiatan ini menyasar pada pemuda dan warga untuk berpartisipasi. Ujar Junaedi.

Hal senada juga dikatakan oleh ketua karang taruna Dukuh Gilisari, Bintang Prasetya Adhitama. Dia mengatakan bahwa program KKN ini adalah satu-satunya yang peduli dengan budaya setempat.

Penulis: Tim KKN Alternatif Unnes Desa Purwosari