Waspada Penipuan “Seminar”
Uncategorized

Waspada Penipuan “Seminar”

Modus penipuan dengan janji palsu mengatasnamakan birokrat kembali muncul. Rini, mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi menyatakan mendapatkan telepon, Senin (24/2) dari seseorang yang “mengaku” Rektor Universitas Negeri Semarang.

Dia diberitahu sebagai mahasiswa yang terpilih menjadi perwakilan dari Fakultas Ekonomi. “Saya diminta mendampingi Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan dalam acara Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia serta workshop kewirausahaan yang diselenggarakan bulan depan oleh Dikti di Hotel Borobudur, Jakarta,” paparnya.

Usai mendapat telepon, ia diminta segera mengkonfirmasi kesediaannya. “Awalnya saya tidak percaya dan menanyakan kebenarannya,” katanya. Penelpon menyampaikan kekecewaan atas ketidakpercayaan Rini. Rini merasa takut atas pernyataan tadi, apalagi berhubungan dengan rektorat.

Dia segera meminta maaf dan menyatakan bersedia. Tetapi, ia harus memiliki rekening ATM dengan jumlah saldo di atas 1,5 juta. “Tentu saja saya yakin bahwa ini penipuan, apalagi berhubungan saldo ATM. Ada sedikit hal aneh ketika ia terus mengulang-ulang kata untuk meyakinkan. Saya pikir ini seperti hipnotis,” terangnya. Nida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *