Penampilan Pingkel Standing dalam Pelangi Sosant (24/11) [Doc. Ika]
Inaugurasi sebagai ajang penyambutan bagi mahasiswa baru, bergantian secara berturut-turut diselenggarakan oleh beberapa lembaga kemahasiswaan (LK) Unnes. Kegiatan ini diselenggarakan baik di tingkat jurusan, fakultas, maupun universitas. 
Misalnya saja Jurusan Sosiologi dan Antropologi (Sosant) yang juga menyelenggarakan Inaugurasi bertajuk Pelangi Sosant. “Agenda ini merupakan program terakhir kami dalam kepengurusan Hima tahun ini,” tutur Yahya Afif, ketua panitia Pelangi Sosant (24/11).
Inaugurasi Jurusan Kimia (28/11) [Doc. Candra]
Selain penampilan musik sebagai puncak inaugurasi, serangkaian acara yang digelar juga termasuk beberapa lomba yang diadakan bagi mahasiswa Jurusan Sosant. “Kami juga menyelenggarakan lomba pembuatan film yang diperuntukkan bagi siswa SMA Jawa Tengah,” tambah Yahya.
Tidak hanya Jurusan Sosant, Jurusan Kimia juga menyelenggarakan Inaugurasi dan Grand Final Duta Kimia 2015 sebagai Penutup Gebyar Bulan Kimia. Selain penampilan musik, dalam acara tersebut juga dilakukan pemilihan duta kimia putra dan putri, yang merupakan agenda tahunan dari Himpunan Mahasiswa Kimia (Himamia). “Acara ini sebagai puncak serangkaian Gebyar Bulan Kimia yang sudah sejak beberapa hari lalu diselenggarakan,” ujar Tri Ayuni Azziati, (28/11).
Tipe-x saat Unnes Inaugurasi 2015 (26/11) [Doc. BP2M]
Sementara itu di tingkat universitas, Inaugurasi juga diselenggarakan oleh Forum UKM Unnes (26/11). Unnes Inaugurasi 2015 menghadirkan band Tipe-X dan beberapa band lain yang berasal dari Unnes. “Kami menyelenggarakan Inaugurasi sebagai penyambutan bagi mahasiswa baru, sekaligus memberikan hiburan spesial untuk seluruh mahasiswa Unnes,” ujar Evi Arifiani, ketua Unnes Inaugurasi 2015.

Musik tidak jarang dipilih untuk ditampilkan dalam setiap momen inaugurasi. Ketertarikan yang tinggi pada musik dan karena musik mampu menyatukan setiap individu, menjadi alasan tetap diutamakannya suguhan musik dalam inaugurasi yang diselenggarakan. [Ika Nur Amalia]