Advertorial Berita Kabar

Mahasiswa Unnes Giat 9 Kelurahan Slerok Bantu Diversifikasi Produk Makanan UMKM Melalui Nugget Ikan Dori

Mahasiswa KKN Unnes Giat 9 di Kelurahan Slerok, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal membuat makanan berbahan dasar ikan berupa nugget ikan dori. Pembuatan makanan ini dilakukan sebagai upaya diversifikasi produk makanan olahan Kelompok Pengolahan dan Pemasaran (Poklahsar) Melati Muda.

Kegiatan ini berlangsung pada Selasa, 23 Juli 2024 di Taman Inklusi Kelurahan Slerok Kota Tegal dengan dihadiri oleh anggota Poklahsar; sejumlah staf Kelurahan Slerok; serta Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian, dan Pangan (DKP3) Kota Tegal. Pada kegiatan ini, para mahasiswa Unnes Giat 9 Kelurahan Slerok membagikan informasi sekaligus mencontohkan pembuatan nugget di depan anggota Poklahsar.

Proses pembuatan nugget ikan dori ini dilakukan dengan mengambil bagian daging dan memisahkannya dengan bagian lainnya (fillet). Poklahsar Melati Muda sendiri sudah berpengalaman membuat makanan olahan berbahan dasar ikan, namun produknya masih terbatas dan produksinya belum berjalan secara berkelanjutan. Adanya ide pembuatan nugget ikan ini dapat dimanfaatkan sebagai produk baru yang bisa dibuat dan dipasarkan secara berkelanjutan.

Ketua Kelompok KKN Unnes di Kelurahan Slerok, Muhammad Haidar Ghoni mengungkapkan bahwa para mahasiswa membuat inovasi produk ini agar Poklahsar terdorong untuk mencoba berkreasi dengan produk baru. Ikan dori dipilih sebagai bahan utama dalam program ini karena kandungan gizinya yang baik serta ketersedian di pasar yang melimpah.

“Ini adalah langkah baru dalam memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kelurahan ini. Selain manfaat bagi UMKM, khususnya pedagang dan produsen makanan olahan, program ini juga bisa memberikan inspirasi bagi masyarakat umum Kelurahan Slerok yang ingin mengolah hasil perikanan dengan inovasi yang diberikan oleh kami,” ujarnya.

Menurutnya, program diversifikasi produk makanan yang digagas oleh Kelompok KKN Unnes Giat 9 di Kelurahan Slerok ini merupakan salah satu upaya inovatif dan bermakna dalam upaya pemberdayaan UMKM.

Penulis: Claudio Ihwanto (Sobat Unnes Giat 9 Kelurahan Slerok)

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *