Foto Esai Jepret

PKKMB Unnes 2024 Meriahkan Awal Perjalanan Mahasiswa Baru

Paper mob jadi cara unik sambut mahasiswa baru di kampus, Jumat (16/08) [BP2M/Anastasia]
Paper mob jadi cara unik sambut mahasiswa baru di kampus, Jumat (16/08) [BP2M/Anastasia]

Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) pada 16-17 Agustus 2024. Para Mahesa (sebutan mahasiswa baru Unnes) mengikuti berbagai kegiatan yang telah disiapkan. PKKMB menjadi gerbang awal perjalanan bagi para mahasiswa baru (maba).

PKKMB hari pertama dimeriahkan dengan pembuatan paper mob yang kreatif. Setiap kelompok paper mob mengangkat tema-tema menarik seputar Unnes sebagai bentuk penyambutan maba. Setelah selesai, Mahesa berkreasi dengan menambahkan berbagai tulisan nyeleneh di kertasnya.

Kalimat nyeleneh Mahesa hiasi suasana PKKMB, Jumat (16/08) [BP2M/Anastasia]

Antusiasme tidak hanya ditunjukkan oleh mahasiswa baru, panitia PKKMB turut bersemangat dalam menjalankan tugasnya. Selain membantu berjalannya acara, mereka juga aktif berinteraksi dengan peserta. Setelah acara selesai, panitia langsung berbenah untuk mempersiapkan kegiatan hari kedua.

Antusiasme panitia pada hari pertama PKKMB, Jumat (16/08) [BP2M/Anastasia]
Potret panitia PKKMB membersihkan venue setelah acara berakhir, Jumat (16/08) [BP2M/Raihan]

Kegiatan PKKMB Unnes hari kedua diawali dengan arak-arakan maba dari asal fakultas masing-masing menuju Lapangan Prof. Dumadi Unnes. Prosesi ini semakin meriah dengan tampilan yel-yel serta atribut unik yang semakin menunjukkan identitas masing-masing fakultas.

Raut wajah ceria dari Mahesa dalam mengikuti PKKMB Unnes 2024, Sabtu (17/08) [BP2M/Anastasia]
Kemeriahan arak-arakan mahasiswa baru Fakultas Bahasa dan Seni, Sabtu( 17/08) [BP2M/Raihan]

Bertepatan dengan Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, acara PKKMB Unnes 2024 hari kedua diselingi dengan upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia dan momentum pengibaran bendera merah putih di Lapangan Prof. Dumadi Unnes yang diikuti oleh seluruh civitas akademika Unnes.

Ribuan Mahesa dengan khidmat mengikuti upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia, Sabtu (17/08) [BP2M/Raihan]
Momentum pengibaran bendera Merah Putih, Sabtu (17/08) [BP2M/Raihan]

Setelah melewati sesi upacara memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, Mahesa diajak berpikir kritis tentang masa depan bangsa dalam talkshow bersama Jovial da Lopez. Tak hanya materi, PKKMB juga menyajikan hiburan menarik. Kaleb J berhasil menghipnotis ribuan mahasiswa baru dalam acara penutupan hari kedua PKKMB Unnes. Suasana semakin hangat dengan berbagai lagu hits yang dibawakan.

Jovial da Lopez ajak Mahesa untuk optimis menyambut Indonesia Emas 2045 dalam talkshow interaktif, Sabtu (17/08) [BP2M/Puji]
Penampilan memukau Kaleb J hibur ribuan Mahesa dalam penutupan acara PKKMB Unnes 2024, Sabtu (17/08) [BP2M/Puji]

Reporter: Anastasia Retno, Raihan Rahmat, Revian Jedha, Puji Listari

Penulis: Anastasia Retno, Puji Listari, Raihan Rahmat

Editor: Novyana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *