Rektor Unnes dan jajarannya pada penutup Dies Natalis ke-54 Unnes, Sabtu (30/03). [Doc. BP2M/Izha]

Linikampus.com-Peluncuran tanda tangan elekronik dalam upacara Dies Natalis Universitas Negeri Semarang (Unnes) ke-54 dilakukan oleh Rektor Unnes Fathur Rokhman. Penandatanganan dilakukan Rektor dengan didampingi oleh jajaran pimpiman Unnes di depan seluruh tamu undangan.

Mulai tahun 2019 kata Fathur Unnes akan menerapkan tanda tangan elektronik atau electronic signature. Dengan adanya aplikasi ini, dokumen yang banyak dengan mudah ditandatangani dalam waktu singkat. Selain itu, dokumen lebih terjamin dan memenuhi kaidah keamanan informasi.

Electronic Signature (Elsa) sebagai inovasi Unnes untuk mengurangi penggunaan kertas secara signifikan sehingga berperan menjadi pahlawan bagi lingkungan.

Upacara Dies Natalis ke-54 dilaksanakan pada Sabtu (30/03) bertempat di auditorium Unnes. Upacara  tahun ke-54 ini, Unnes mengangkat tema “Mendunia untuk Indonesia”. Acara dimulai pukul 08.40 WIB dengan tamu undangan yang berasal dari pihak dalam maupun luar Unnes.

Fathur Rokhman pada saat itu juga menyampaikan laporan tahunan Rektor yang memuat   capaian prestasi dan kebijakan Unnes. Diantaranya telah memiliki 261 Hak Kekayaan  Intelektual (HKI) dan 4 unit prototipe industri, 832 artikel dan jurnal yang mendapatkan penghargaan jumlah jurnal terbanyak di Indonesia, dan mendapatkan akreditasi A untuk intuisi pada tahun 2018.

Baca Juga : Meneguhkan Eksistensi Kampung di Era Modernisasi

Upacara Penutupan Dies Natalis ke-54 ini menghadirkan pembicara Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) yang diwakili oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pembelajaran Kemenristekdikti, Rina Indiastuti.

selain itu juga turut menghadirkan tamu yang berasal dari luar negeri dan pejabat pemerintah. Salah satunya Jeffrey Scott Brooks dari Australia berorasi mengenai “Developing a World Class University”

“Saya Mengucapkan terima kasih kepada Prof. Rina, Bapak Sekda, dan terkhusus kepada Bapak Kapolda yang menyempatkan hadir di tengah kesibukan,“ ujar Rektor Unnes menutup Upacara Dies Natalis.

Reporter : Izha & Ismi