Beranda Kabar Terapkan Nilai Konservasi, Mahasiswa KKN Unnes Latih Warga Membuat Kompos

Terapkan Nilai Konservasi, Mahasiswa KKN Unnes Latih Warga Membuat Kompos

385
Dimas melatih peserta pelatihan pembuatan kompos yang diadakan oleh KKN 2A Alternatif Kelurahan Pudak Payung

Tim Kuliah Kerja Nayata 2A Alternatif Universitas Negeri Semarang (Unnes) Kelurahan Pudakpayung, mengadakan pelatihan pembuatan pupuk kompos dan limbah rumah tangga untuk warga. Pelatihan yang diselenggarakan pada Rabu, 7 Agustus 2019 ini diikuti oleh anggota kader Bank Sampah Payung Lestari, Kelurahan Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang.

Kegiatan yang diadakan di Laboratorium Biologi dan Rumah Kompos Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unnes. Salah satu pengurus Rumah Kompos, Dimas Fahrudin mengajak peserta berdiskusi tentang kompos serta memberikan bimbingan teknis. Tidak hanya itu, Dimas juga mengajak peserta untuk mempraktekan pembuatan pupuk kompos.

Winarni, salah satu peserta pelatihan pembuatan pupuk kompos memberikan apresiasi positif. Wanita yang juga kader Bank Sampah ini merasa mendapatkan lebih banyak ilmu setelah mengikuti kegiatan pelatihan itu.

“Kami harap mampu membuat rumah kompos seperti ini di tempat kami” tandas Winarni.

Refo Labib Mustofa, Koordintor Mahasiswa tingkat Kelurahan Pudakpayung mengharapkan agar peserta meningkatkan kemampuannya dalam pengelolaan sampah. Pria asal Banyumas ini juga berharap agar peserta mampu mengolah segala jenis sampah. “Sebelumnya hanya sampah anorganik yang diolah jadi kerajinan” tandas Refo.

Reporter dan Foto : KKN 2A Alternatif Pudakpayung

Editor : Fiskal Purbawan

Tinggalkan Balasan