Ilustrasi Klarifikasi BAKK Terkait Wisuda Periode II Unnes Alami Perubahan
Ilustrator : Amilia Buana

Sehubungan dengan pemberitaan Linikampus pada 25 Juni 2019 berjudul “Wisuda Periode II Unnes Alami Perubahan” diulas berita tentang perubahan metode wisuda sebagai berikut:

  1. Perubahan pemindahan tali toga wisudawan periode II hanya satu wisudawan terbaik saja yang akan dipindahkan tali toganya oleh rektor.
  2. Untuk mempersingkat proses wisuda, rektor juga hanya akan menyalami wisudawan terbaik saja.
  3. Photobooth berupa replika rektor yang menggiring opini pengganti rektor saat menyalami wisudawan dengan kalimat sebelumnya.

Karena itu, Deddy Rustiono selaku Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama  (BAKK) Unnes menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Mengklarifikasi bahwa pemindahan tali toga dilaksanakan secara simbolik oleh salah satu wakil wisudawan terbaik yang diikuti oleh seluruh wisudawan secara serentak, jadi prosesi simbolik itu menjadi prosesi tambahan sebagai wujud keterwakilan mahasiswa.
  2. Proses jabat tangan wisudawan terbaik oleh rektor telah dilaksanakan pada wisuda periode sebelumnya (wisuda periode I), jadi tidak termasuk perubahan prosesi pada periode II ini.
  3. Kami tegaskan “Photoboth dan mannequin yang disediakan oleh panitia di area luar auditorium” digunakan sebagai:

         1. Fasilitas berfoto untuk wisudawan, orang tua/wali, dan keluarganya.

        2. Sebagai alternatif area berfoto para wisudawan yang biasanya dilakukan dalam                 gedung auditorium, dengan tujuan agar panitia dapat mengkondisikan gedung                   auditorium siap dipakai untuk gladi bersih bagi wisudawan hari kedua.

“Jadi photoboth dan mannequin tidak ada hubungannya dengan prosesi wisuda dan bukan sebagai subtitusi prosesi wisuda”