Pagelaran seni Desa Ngrawan
Foto: Para penampil pagelaran seni berswafoto bersama[Doc. Pribadi Penulis]

Sabtu (29/2). Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif 1 Universitas Negeri Semarang (Unnes), mengadakan program pengembangan diri berupa pagelaran yang berisi pelatihan bakat dan minat. Acara ini merupakan bagian dari program kerja mahasiswa KKN Unnes yang dilaksanakan di sanggar Ki Tanu Wijaya,  Dusun Tanon, Desa Ngrawan, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Maulana Irham Syafi, selaku koordinator KKN mengatakan bahwa tujuan diadakannya pagelaran tersebut yaitu untuk menggali dan mengembangkan bakat serta minat bagi anak-anak di Desa Ngrawan, khususnya Dusun Tanon.

Pagelaran ini diikuti oleh lima puluh anak dari berbagai usia. Dengan bekal kesenian yang telah diajarkan oleh mahasiswa KKN Unnes, anak-anak tersebut menampilkan beberapa kesenian. Kesenian yang ditampilkan meliputi; seni tari tradisional Babalu, seni drama, baca puisi, dan menyanyi. Acara ini juga menghadirkan Kepala Desa Ngrawan beserta perangkatnya dan tokoh agama desa.

Pukul 19.30 WIB, tari tradisional Babalu yang ditampilkan oleh anak-anak Desa Ngrawan mengawali acara pagelaran. Setelah itu, Maulana Irham Syafi memberikan sambutan. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari tokoh masyarakat yang hadir. Sesi foto bersama menjadi penutup pagelaran.

“Semoga acara pagelaran ini dapat dijadikan sarana untuk mengembangkan bakat dan minat anak-anak, serta mampu menjadi media untuk melestarikan budaya bangsa Indonesia,” ucap Maulana pada akhir sambutannya.

Penulis: Tim KKN Alternatif 1 Unnes Desa Ngrawan

Editor: Rona Ayu Meivia