Sobat Unnes Giat 1 Sumogawe Melakukan Pemberdayaan kepada Ibu-Ibu PKK dan Lansia Melalui Taman Toga
Advertorial Beranda

Sobat Unnes Giat 1 Sumogawe Melakukan Pemberdayaan kepada Ibu-Ibu PKK dan Lansia Melalui Taman Toga

Sobat Unnes Giat Satu Sumogawe melakukan pemberdayaan kepada ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan lansia melalui Taman Toga. Kegiatan tersebut sebagai bentuk implementasi dalam bidang penguatan generasi milenial mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) desa.

Kami melakukan sosialisasi mengenai esensi dan utilitas Taman Toga kepada ibu-ibu PKK dan Lansia di Desa Sumogawe. Setelah itu, kami juga melakukan penataan Taman Toga di beberapa dusun di Desa Sumogawe. Sebagai supplement penyemangat ibu-ibu PKK dan Lansia dalam merevitalisasi Taman Toga, kami mengajukan “Proposal Permohonan Bibit Pohon” yang ditujukan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Semarang dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Perum Perhutani Kabupaten Semarang.

Sobat Unnes Giat 1 melakukan kunjungan ke DLH Kabupaten Semarang (24/5). [Dok. Penulis]
Proposal mendapatkan persetujuan, Sobat Unnes Giat Satu Sumogawe membagikan bibit pohon ke empat belas dusun di Desa Sumogawe. Banyak harapan yang muncul dengan adanya pembagian bibit pohon tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap dan kondisional mulai dari bulan April dan selesai pada bulan Juni 2022.

Pada akhirnya kegiatan ini sebagai upaya konservasi sosial dan lingkungan, memberdayakan ibu-ibu PKK dan lansia, serta merevitalisasi program Taman Toga di Desa Sumogawe. Selain itu, Unnes sebagai universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional semakin merambah ke pelosok desa sekaligus mewujudkan tagline Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Semarang (KKN Unnes) “Bersama KKN Unnes membangun Indonesia dari desa” yang dapat dirasakan oleh warga desa.

Sementara itu, program Unnes Giat merupakan salah satu Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Unnes di bawah pengelolaan Pusat Pengembangan (Pusbang) KKN Unnes.

Program Unnes Giat 2022 bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk berkegiatan di tengah-tengah masyarakat sebagai implementasi MBKM. Program ini memiliki dua agenda, yaitu Unnes Giat Pencegahan dan Penanganan Stunting (Implementasi Proyek Kemanusiaan dalam MBKM) dan Unnes Giat Penguatan Generasi Milenial Mendukung SDGs Desa. 

 

Penulis: Sobat Unnes Giat 1 Sumogawe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *