Mahasiswa KKN Lokasi Tahap 1 Desa Pungangan serahkan Tong Sampah kepada Warga Desa Pungangan.

Kurangnya kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat membuat mahasiswa KKN Lokasi tahap 1 Unnes  di Desa Pungangan berinisiatif untuk memberikan sosialisasi dan penyerahan tempat sampah serta pendataan jamban. Mereka berharap, masyarakat di sana dapat menjaga lingkungan desanya tetap asri dan hijau dengan menerapkan perilaku hidup sehat.

Ada banyak cara untuk melindungi lingkungan, salah satunya adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Sayangnya, di Desa Punganga yang terkenal asri karena letaknya di pegunungan, masih ada beberapa warga yang membuang sampah di sungai. Beberapa malah hanya menumpuk sampah tanpa mengolahnya. Maka dari itu Tim KKN UNNES di Desa Punganga berinisiatif untuk mengajak warga lebih peduli terhadap sampah dan kebersihan lingkungan. Mereka melakukan sosialisasi dan penyerahan tempat sampah serta pendataan jambanisasi di Desa Pungangan.

Selain mengajak warga untuk menjaga kebersihan lingkungan, Tim KKN juga mendata jumlah jamban yang ada dimiliki warga desa. Hasilnya, hanya 10 persen kepala keluarga yang sudah memiliki jamban. Padahal, jamban merupakan sanitasi dasar penting bagi masyarakat. Maka dari itu, dalam sosialisasinya, mereka juga menyampaikan pentingnya memiliki jamban. Mereka juga mengajak warga desa untuk merencanakan pembuatan jamban sederhana dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Beberapa warga memang mengaku kesulitan dalam hal biaya untuk membangun jamban.

Lingkungan yang bersih dan sehat akan membuat nyaman siapapun yang tinggal di sana. Maka dari itu, sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya. Selain sosialisasi tersebut, Tim KKN juga melaksanakan program kerja senam sehat masyarakat (Sesaat Mas), psikoedukasi Kekerasan Seksual Anak, bimbingan belajar, dan program lingkungan lainnya.

Desa Pungangan merupakan desa yang terletak di Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo. Selain desanya yang asri, desa ini juga memiliki banyak kesenian tradisional, speerti topeng dan lengger. Dengan berbagai macam kesenian yang ada ditambah kesadaran akan lingkungan yang tinggi, diharapkan Desa Punganga bisa menjadi desa yang terus berkembang.