(Dok. en.wikipedia.org)
Searching (Dok. en.wikipedia.org)
Judul               : Searching
Sutradara           : Aneesh Chaganty
Penulis             : Chaganty dan Sev Ohanian
Produser            : Timur Bekmambetov, Sev Ohanian, Natalie Qasabian, Adam Sidman.
Produksi            : Screen Gems
Bahasa              : Inggris
Durasi              : 101 menit
Rilis               : 24 Agustus 2018
Genre               : Drama-thriller
Pemeran             : John Cho, Sara Sohn, Michelle La, Debra Messing

           “I didn’t know her. I didn’t know my daughter.” –David Kim

Di era digital seperti sekarang ini, teknologi telah memasuki segala sisi kehidupan manusia. Teknologi menimbulkan banyak dampak positif di kehidupan kita dengan semakin beragamnya aplikasi untuk bertegur sapa. Baik teknologi maupun komunikasi, keduanya sangat berkaitan erat dan menjadi unsur penting di film Searching. Seperti yang kerap dilakukan oleh keluarga kecil David Kim (John Cho).

Sebagian besar obrolan mereka dilakukan lewat internet yakni melalui fitur chatting dan video call. Film ini sendiri berfokus pada pencarian seorang ayah pada putrinya yang menghilang akibat kurangnya pembangunan komunikasi diantara mereka. Berbagai usaha dilakukan sang ayah untuk membuat putrinya ditemukan kembali.

Konflik dimulai ketika Margot (Michelle La) tidak pulang ke rumah semalaman dan tidak menjawab pesan-pesan serta panggilan telepon yang dikirim ayahnya. David merasa khawatir hal buruk terjadi pada Margot, cemas dan gelisah menunggu kabar sang putri sepanjang malam. Setelah lewat 24 jam belum juga mendapatkan informasi mengenai keberadaan Margot, David memutuskan untuk melaporkan kasus ini ke pihak yang berwenang.

Penyelidikan dimulai dengan ditugaskannya detektif Rosemary Vick (Debra Messing). Meskipun David telah mendapatkan bantuan dari detektif Vick, putri nya tidak kunjung ditemukan hingga lebih dari 37 jam. Waktu berlalu cepat, David pun semakin cemas.

Ia memutuskan untuk mencari lagi keberadaan Margot lewat laptop milik Margot, di sana ia menemukan taman di dalam sebuah hutan yang kerap dikunjungi putrinya dan kemungkinan menjadi tempat favorit Margot untuk menyendiri. Di laptop itu, segala rahasia yang disembunyikan Margot mulai terungkap. Mengenai perasaan setelah ditinggalkan oleh Pamela (Sara Sohn), ibu tercintanya, masalah di sekolah, hingga renggangnya hubungan ayah dan anak yang dulunya sangat hangat tersebut.

Internet Bisa Membantu, Namun Bisa Juga Menjerumuskan

Dengan tampilan sinematografi yang sangat sederhana tetapi kekinian, film ini berhasil menarik perhatian para millennials. Hampir keseluruhan dari film ini hanya menampilkan tampilan layar smarthphone atau layar monitor saja, namun di situlah letak keunikannya.

Internet menjadi poin utama dalam film Searching ini, karena tidak dapat dipungkiri canggihnya trik David untuk melacak keberadaan Margot melalui internet sangat berkaitan erat dengan kehidupan sekarang di mana perkembangan teknologi melesat sangat cepat. Lika-liku dan upaya David yang tidak pernah putus asa untuk menemukan Margot juga membuktikan bahwa ia adalah ayah yang peduli. Namun, itu saja ternyata belum cukup untuk Margot.

Di sisi lain, efek negatif perkembangan internet berdampak juga pada ayah dan anak di film ini. Sang ayah lebih sering menyapa putrinya melalui fitur chatting sedangkan Margot sebagai anak lebih senang mencurahkan kegelisahannya di internet dibanding bercerita kepada ayahnya. Hal ini tanpa disadari membuat hubungan keduanya sedikit demi sedikit merenggang dan mengakibatkan sang ayah tidak mengenal putrinya secara mendalam.

Satu lagi yang perlu diapresiasi dari film ini adalah endingnya yang benar-benar tidak terduga. Plot twist yang begitu mengagetkan dan tidak sesuai dengan perkiraan penonton membuat film ini mendapatkan acungan jempol bagi siapa saja yang menontonnya. Dugaan-dugaan yang dipupuk selama film berlangsung seketika runtuh begitu saja.

Komunikasi maya tidak selamanya menimbulkan efek baik, kesalahpahaman bisa saja terjadi kapanpun dari sana. Bahkan banyak kasus-kasus mengerikan yang telah terjadi seperti penculikan sampai perampokan yang ditimbulkan dari internet.

Komunikasi yang nyata adalah kuncinya, karena perkembangan teknologi yang pesat bisa juga menjauhkan yang dekat maupun sebaliknya. Seperti yang terjadi di film ini, hubungan ayah dan anak ini terlihat baik-baik saja, bahkan terlihat harmonis dan penuh tawa. Namun, nyatanya juga menyimpan banyak misteri mengerikan  yang tak terungkap.

Penulis : Fela Purisma

Editor   : Rona Ayu Meivia