Upacara 17 Agustus 2019
Fathur Rokhman, Rektor Unnes saat berpidato pada upacara 17 Agustus 2019. [BP2M/ Izha]

“HUT ke-74 RI Tahun 2019 harus dimaknai sebagai momen pemersatu bangsa, dan kita memiliki kewajiban untuk mempertahankan serta mengembangkan hasil kemerdekaan tersebut.” Demikian yang dikatakan Fathur Rokhman, Rektor Unnes saat membacakan teks sambutan dari Mohamad Nasir, Kemenristekdikti.

Linikampus.com-Dalam momen pemersatu bangsa, Universitas Negeri Semarang (Unnes) melibatkan mahasiswa baru dalam upacara peringatan hari kemerdekaan ke-74 Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Lapangan Prof. Dumadi, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), Unnes, Sabtu (17/08).

Upacara peringatan HUT ke-74 NKRI  sekaligus menjadi penyambutan mahasiswa baru Unnes 2019. Fathur Rokhman, Rektor Unnes menyampaikan bahwa mahasiswa baru Unnes, tahun ajaran 2019/2020 haruslah merdeka. Dari yang awalnya siswa, sekarang telah merdeka menjadi mahasiswa, menjadi insan yang akademik.

Baca Juga : Kumpulkan Sampah, Syarat Maba Ikuti PPAK

Mengusung tema “SDM Unggul Indonesia Maju”, upacara tahun ini bermakna bahwa pembangunan sumber daya manusia yang menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan Indonesia di masa depan.

Abdurrahman, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan mengatakan dalam pidatonya bahwa tahun ini, jalur SNMPTN Unnes menerima sebanyak 1.917 mahasiswa baru. Jalur SBMPTN sebanyak 2.778 mahasiswa baru, sedangkan pada SM sebanyak 3.095 mahasiswa baru.

Adapun  prestasi yang dipaparkan Abdurrahman bahwa pada tahun ini Unnes meraih peringkat ke-6 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diminati jalur SNMPTN dan menduduki peringkat ke-8 Nasional pada prodi Farmasi.

“Farmasi sebagai prodi pertama sebagai prodi paling ketat di Indonesia. SBMPTN dengan rasio banding 77, dan prodi Farmasi menduduki peringkat ke-8 secara nasional,” lanjut Abdurrahman.

Upacara ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru mulai dari program sarjana maupun pascasarjana, serta pihak birokrat beserta jajaran.

Reporter : Nurul Izha & Nuraisah Rosita

Editor     : Rona Ayu Meivia