Dukung Blederan sebagai Desa Wisata, Mahasiswa KKN UNNES Ciptakan Spot Foto dari Tanaman Gantung
Kabar

Dukung Blederan sebagai Desa Wisata, Mahasiswa KKN UNNES Ciptakan Spot Foto dari Tanaman Gantung

Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Lokasi Tahap 1 Unnes Desa Blederan mengadakan program pembuatan tempat foto di Desa Blederan, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo. Kegiatan yang dilaksanakan mulai dari tanggal 31 Juli hingga 5 Agustus 2019, bertempat di pintu masuk Desa Blederan. Pengadaan tempat foto ini dilaksanakan melalui pembuatan tanaman gantung yang berjumlah 36 tanaman dengan memanfaatkan botol bekas sebagai pot tanaman serta bambu sebagai penopang tanaman. Ada beberapa jenis tanaman hias yang digunakan, di antaranya tanaman krokot dan sukulen.

Febri Nurohman, Koordinator Mahasiswa Desa Blederam menjelaskan bahwa tujuan kegiatan pengadaan tempat foto adalah untuk menunjukkan identitas desa Blederan sebagai desa sayur. “Supaya masyarakat luar Desa Blederan dapat melihat bahwa Desa Blederan kaya akan potensi budidaya sayur dan tanaman bunga.” tandas mahasiswa jurusan psikologi ini.

Pricilia Ryana, penanggung jawab program pengadaan tempat foto ini menjelaskan bahwa pembuatan pot gantung sangat sesuai dengan potensi Desa Blederan. Pricilia juga menjelaskan bahwa kesan Desa Blederan sebagai desa yang hijau harus ditonjolkan kepada para pengunjung. “Lagi pula, lahan kosong yang ada di pintu masuk Desa Blederan akan sangat sayang jika tidak dimanfaatkan.” tandas Pricilia.

Dalam melaksanakan kegiatan ini, Tim KKN Unnes bekerja sama dengan pemerintah dan warga desa Blederan. Hal ini berkaitan dengan permohonan izin lahan milik desa guna pembuatan tempat foto tersebut, serta di akhir kegiatan KKN, tempat foto ini akan diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah desa dan warga sekitar untuk merawatnya lebih lanjut. H. M. Muttaqin, Kepala Desa Blederan, mendukung kegiatan ini pengadaan tempat foto di depan gerbang desa yang dipimpinnya. “Pintu masuk Desa Blederan menjadi lebih indah,” tandas Muttaqin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *