Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKN Unnes Giat 1 Adakan Sosialisasi di SD Negeri 2 Seliling
Advertorial Beranda

Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKN Unnes Giat 1 Adakan Sosialisasi di SD Negeri 2 Seliling

Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang tergabung dalam kelompok KKN (Kuliah Kerja Nyata) Unnes Giat 1 mengadakan sosialisasi mengenai konservasi lingkungan dan mitigasi bencana di SD Negeri 2 Seliling.

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan sekitar dan memberikan pemahaman tentang bencana alam, khususnya bencana banjir dan tanah longsor. Sosialisasi ini diberikan kepada siswa-siswi kelas 4 dan 5.

Muhrodi selaku Kepala Sekolah SD Negeri 2 Seliling mengatakan bahwa kegiatan ini sangat tepat dilaksanakan. Dengan adanya kegiatan ini masyarakat, khususnya generasi muda sadar akan pentingnya konservasi lingkungan sekitar tempat tinggal dan mengetahui tentang mitigasi bencana banjir dan tanah longsor.

“Kami harap kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa peduli pada lingkungan khususnya generasi muda sedari dini. Daerah sekitar SD Negeri 2 Seliling ini merupakan daerah yang rawan akan bencana banjir dan tanah longsor karena posisinya yang berada diatas bukit dan dilewati oleh aliran sungai,” jelasnya.

Penanaman pohon bersama perwakilan Guru SD Negeri 2 Seliling [Dok. Penulis]
Bencana banjir itu sendiri terjadi baru-baru ini tidak jauh dari SD Negeri 2 Seliling. Bencana tersebut terjadi akibat Kabupaten Kebumen mengalami hujan deras selama beberapa hari. Akibatnya, luapan air sungai naik dan membanjiri rumah warga. Banjir setinggi pinggang orang dewasa tersebut membuat kegiatan belajar mengajar harus di rumah.

Kegiatan sosialisasi ini diawali dengan pemberian materi seputar konservasi, kemudian dilanjutkan mengenai mitigasi bencana. Selain itu, diberikan pemahaman tentang apa yang harus dilakukan sebelum bencana. Di akhir kegiatan, dilakukan tanam pohon di lingkungan sekolah oleh mahasiswa dan kepala sekolah. Kemudian dilanjutkan dengan menanam tanaman bunga yang dibawa oleh siswa siswi kelas 4 dan 5 di depan kelas dengan media tanam pot dari barang bekas. Sebagai bentuk apresiasi, pot yang paling kreatif nantinya akan diberikan hadiah.

Foto bersama siswa-siswi kelas 4 dan 5 [Dok. Penulis]

 

Penulis: Tim KKN Unnes Giat 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *