Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Lokasi Tahap II B Universitas Negeri Semarang (UNNES)  di Desa Gandu, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang mengadakan kegiatan SODA KACA yaitu “Sosialisasi Daur Ulang Kain Perca” pada kamis (31/10). Kegiatan tersebut meliputi sosialisasi dan demo dalam membuat kerajinan kain perca yang diikuti oleh ibu-ibu dan warga sekitar di Ruang Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Banyaknya konveksi di Desa Gandu menimbulkan banyak limbah kain yang  dibiarkan saja tanpa di manfaatkan dengan baik. Hal ini menginspirasi KKN UNNES di Desa Gandu untuk mengajak ibu-ibu PKK membuat kerajinan dari kain perca yaitu berupa produk tote bag, bros, gantungan boneka, tirai, tempat tisu, pouch handphone, tatakan piring dan kuncir rambut. Tak hanya soaialisasi cara membuat kerajinannya tetapi juga ada sosialisasi packaging (pengemasan) dan branding (pemasaran).

Tim KKN UNNES Desa Gandu masih menggunakan plastik untuk packaging kerajinannya. Sedangkan untuk membranding produk kain perca ini menggunakan merk “CANDU” (Perca Gandu) agar cepat dikenal oleh konsumen dan dapat dipromosikan melalui media online dan toko-toko aksesoris. Ade, penanggung jawab program kerja ini menuturkan bahwa kegiatan ini juga sebagai salah satu income dan melatih kreativitas ibu-ibu PKK dan warga sekitar. Dengan program kerja tersebut, mahasiswa KKN UNNES berharap dapat mengurangi dampak buruk limbah kain konveksi di Desa Gandu dan bisa menjadi latihan kretifitas rutinan PKK dan warga Desa Gandu.

Penulis : Tim KKN UNNES Lokasi Tahap II B Desa Gandu

Editor : Siti Zummaroh

Tinggalkan Balasan