Batang (17/10), Mahasiswa KKN Lokasi tahap II B melaksanakan program kerja Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di halaman SD Negeri Keniten. Program kerja CTPS adalah program kerja yang mengajak siswa untuk menjaga kebersihan tangan sebelum makan ataupun setelah makan. Program kerja CTPS bertujuan untuk melatih siswa membiasakan diri sejak dini mencuci tangan sebelum makan dan setelah makan. Tak hanya itu, program kerja ini juga dapat menunjang kesehatan masyarakat Desa Keniten, dalam program kerja CTPS yang diselenggarakan untuk siswa SD Keniten.

Siswa SD Keninten diajari cara mencuci tangan yang baik dengan enam langkah. Cara mencuci tangan yang baik dengan enam langkah dimulai dari telapak tangan, punggung tangan,, sela-sela jari, buku jari, kuku jari, ibu jari, dan juga pergelangan tangan. Tim KKN UNNES menyampaikan langkah cuci tangan dengan menggunakan lagu yang biasa dinyanyikan oleh anak sehingga anak-anak dengan mudah menghafal langkah cuci tangan. Selain itu, mereka juga menyampaikan manfaat menjaga kebersihan tangan untuk kesehatan kita.

Siswa sangat berantusias selama kegiatan ini dilaksanakan. Siswa menyanyikan lagu cuci tangan dengan lantang dan semangat. Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari pihak sekolah karena kegiatan ini bermanfaat untuk melatih siswa membiasakan diri membersihkan tangan sebelum makan ataupun setelah melaksanakan aktifitas di luar rumah.

Dari kegiatan tersebut, siswa mengetahui manfaat dari CTPS yakni mencegah kuman penyebab penyakit yang berada di tangan agar tidak masuk ke dalam tubuh sehingga terhindar dari kuman penyebab penyakit. Air yang digunakan mencuci tangan menggunakan air bersih yang mengalir dan sabun agar lebih bersih.

Penulis             : Tim KKN UNNES Lokasi Tahap II B Desa Keniten

Editor              : Siti Zummaroh