Promosikan Potensi Desa, Mahasiswa KKN UNNES Gelar Kawengen Festival
Advertorial Berita Kabar

Promosikan Potensi Desa, Mahasiswa KKN UNNES Gelar Kawengen Festival

Foto acara pembukaan Kawengen festival

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif 1 Universitas Negeri Semarang tahun 2020 Desa Kawengen, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang menyelenggarakan Kawengen Festival, Minggu (23/02). Kegiatan ini  mengusung tema “Kawengen Berbudaya Menuju Desa Wirausaha”. Bertujuan untuk memberdayakan dan mempromosikan potensi desa Kawengen, baik dari segi sumber daya alam maupun sumber daya manusia.

Kawengen Festival dimulai dengan Jalan Sehat di pagi hari sebagai langkah untuk membudayakan hidup sehat di masyarakat. Tersedia pula berbagai doorprize untuk meningkatkan antusias warga yang mengikutinya.

Selain jalan sehat, Kawengen Festival juga melaksanakan dua kompetisi yaitu Bazar UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah) yang diikuti oleh penggiat ekonomi dan  Pentas Seni yang diikuti oleh siswa TK/RA serta SD/MI.

Ketua Pelaksana, Avi Nur Indriyani mengatakan, bazar diikuti oleh para pelaku usaha yang sebelumnya merupakan peserta pelatihan Workshop Entrepreneur. Workshop ini salah satu program kerja KKN yang dilaksanakan sebanyak tiga kali di Aula Balai Desa Kawengen pada minggu pertama sampai minggu ketiga pelaksanaan KKN.

 “Target dari event ini adalah memperkenalkan produk-produk mereka. Karena yang berdagang disini kebanyakan adalah usaha baru, jadi kita membantu dalam memasarkan produk mereka,” Katanya.

Produk unggulan Mahasiswa KKN Alternatif 1 UNNES 2020 juga turut ditampilkan dalam bazar. Yaitu NUJUKA (Nugget Jagung Kawengen) dan KEJAWEN (Keripik Jagung Kawengen). Melalui kegiatan Kawengen Festival, kedua produk ini berhasil mendapatkan respon positif yang lebih luas dari masyarakat.

Kompetisi pentas seni juga tak kalah mendapatkan perhatian dari masyarakat. Berbagai bakat ditampilkan, mulai dari Tari Tradisional, Senam Kreasi dan Rebana.  Acara ini bertujuan untuk mengembangkan dan menampilkan bakat-bakat terpendam dari pelajar khususnya TK/RA dan SD/MI di Desa Kawengen.

Diakhir acara terdapat pengumuman pemenang. Stand Bazar UMKM atas nama bisnis MasDuki Frozen Food dipilih sebagai juara Stand Terbaik. Untuk kategori juara Penampilan Terbaik Kategori TK/RA dimenangkan oleh TK ABA 1 Kawengen dan Kategori SD/MI dimenangkan oleh SDN 02 Kawengen. Seluruh partisipan dalam acara ini juga mendapatkan hadiah hiburan.

Kawengen Festival turut dihadiri oleh Dwi Gansar Santi Wijayanti, S.pd., M.Pd. Dosen Pembimbing Lapangan, Marjani selaku Kepala Desa Kawengen dan perangkat desa lainnya.

Marjani berharap agar kegiatan semacam ini bisa terus dipertahankan dan dikonsep semakin baik “Melalui Kawengen Festival mudah-mudahan dapat menjadi motivasi bagi masyarakat untuk mengembangkan kreativitasnya. Ke depan, mudah-mudahan dapat meningkatkan sinergisitas dengan Perangkat Desa,”ujarnya.

Penulis: Tim KKN Alternatif 1 desa Kawengen

Editor: Nila Lutfiatul Fadilah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *