Advertorial
Kabar Kilas

Tingkatkan Rasa Toleransi, Panitia PKKMB FIS Gelar Doa Lintas Agama

Kegiatan simbolis berupa Doa Lintas Agama dengan tema “1000 Lilin untuk 77 Tahun Indonesia” pada Senin (15/08). [BP2M/Arindra Rifky]

Panitia Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Semarang (Unnes) 2022 menyelenggarakan kegiatan simbolis berupa doa lintas agama dengan tema “1000 Lilin untuk 77 Tahun Indonesia” pada Senin (15/08). Kegiatan tersebut berlangsung di lapangan FIS, tujuannya untuk meningkatkan rasa toleransi antarmahasiswa. 

Arief Wahyudianto, Ketua Pelaksana PKKMB FIS 2022, menyampaikan bahwa kegiatan ini juga merupakan wujud hadiah yang diberikan oleh para Panitia PKKMB FIS untuk mahasiswa baru di fakultasnya. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memotivasi mahasiswa baru FIS dalam menghadapi kehidupan di lingkungan kampus yang merupakan masa transisi dari siswa menuju mahasiswa. 

Di sisi lain, Arif mengungkapkan bahwa kegiatan doa lintas agama ini tidak lepas dari momentum hari kemerdekaan Indonesia ke-77 yang jatuh pada 17 Agustus. “Indonesia merupakan negara yang heterogen, banyak penduduk yang berbeda-beda agama. Harapannya Indonesia yang akan berumur 77 tahun ini akan terhindar dari bencana, marabahaya dan malapetaka,” ujarnya.

Kegiatan doa lintas agama ini menghadirkan perwakilan dari lima agama yang ada di Indonesia. Lima agama tersebut meliputi, Islam, Kristen, Budha, Katolik, dan Hindu. Perwakilan agama dari mahasiswa Unnes tersebut memimpin doa secara bergantian dan diikuti oleh para peserta sesuai dengan agamanya masing-masing.

Desnami Anugerah Cahyani, Perwakilan Lembaga Kemahasiswaan (LK) Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS), mengatakan bahwa kegiatan semacam ini dapat mempererat tali persaudaraan antarumat beragama, khususnya bagi mahasiswa Unnes. Ia pun berharap agar rasa toleransi antarmahasiswa dapat terus ditingkatkan.

“Ketika kemarin saya mengikuti kegiatan tersebut saya menyadari bahwa ternyata antarumat beragama di FIS bisa saling menghargai. Semoga toleransi tersebut bisa terus meningkat dan kegiatan PKKMB FIS Unnes 2022 juga dapat berjalan dengan lancar dan juga baik.” ungkapnya, saat dihubungi melalui WhatsApp, Selasa (16/08).

Salah satu peserta sedang memegang lilin dalam kegiatan doa lintas agama. [BP2M/Arindra Rifky]
Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 200 peserta dengan masing-masing memegang satu lilin. Pada saat kegiatan, peserta berjajar dan membentuk simbol bertuliskan PKKMB FIS 2022. Selain panitia PKKMB FIS, kegiatan ini juga diikuti oleh perwakilan dari lembaga kemahasiswaan (LK) dan Badan Semi Otonom (BSO) yang bernaung di FIS Unnes. Doa lintas agama ini dimulai pukul 17.00 WIB dan berakhir pada 18.30 WIB. Nantinya, kegiatan tersebut akan dipublikasikan melalui official akun @pkkmbfisunnes yang ada di Instagram, TikTok, dan YouTube

 

Reporter: Laily Mukaromah/ Arindra Rifky

Editor: Adinan Rizfauzi

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Advertorial