Esther Natalia menyampaikan materi di Talk Show HIRING 2023 di Gedung L1, FEB Unnes, Minggu (26/11). [Novyana/BP2M]
Esther Natalia menyampaikan materi di Talk Show HIRING 2023 di Gedung L1, FEB Unnes, Minggu (26/11). [Novyana/BP2M]

Minggu (26/11), Duta Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengadakan seminar “Talkshow HIRING (High Intellectual Gathering) 2023” dengan tema “Embrace Your Potential with Portfolio Enhancement” di Gedung L1, Aula Muhammad Hatta, FEB Unnes. Kegiatan yang menghadirkan Esther Natalia Dominiq Lubis selaku Chief Executive Officer (CEO) dan Founder dari Produktifkuy, sebagai pembicara utamanya ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa untuk mulai membangun personal branding

Falix Satria Maulana selaku ketua pelaksana menjelaskan bahwa tujuan utama seminar ini adalah memberikan wawasan, pemahaman, serta contoh nyata terkait pentingnya personal branding.  “Talkshow HIRING 2023 hadir sebagai kegiatan yang memberikan wawasan mendalam terkait dunia kerja. Kehadiran pembicara,  Esther Natalia Dominiq Lubis, diharapkan dapat memperkaya peserta dengan pemahaman dan contoh nyata mengenai pentingnya personal branding,” ujar Falix.

Esther merupakan alumnus Fakultas Hukum (FH) Universitas Gajah Mada (UGM) dengan 1 juta pengikut di TikTok. Ia dikenal sebagai sosok yang kerap “speak up” untuk membahas permasalahan di Indonesia, khususnya melalui perspektif mahasiswa Hukum. Ia merupakan CEO sekaligus founder dari Produktifkuy. Produktifkuy merupakan sebuah inisiatif pendidikan yang bertujuan memfasilitasi dan mendorong generasi muda untuk mengisi hari-hari mereka dengan kegiatan yang produktif. 

Falix menyampaikan, “Kami tertarik dengan personal branding dari Kak Esther yang telah memiliki banyak pengikut di media sosial dan menjadi CEO di usia muda. Beliau juga berhasil menciptakan platform Produktifkuy, maka dari itu kami mengundang beliau sebagai pembicara untuk berbicara mengenai personal branding.”

Esther mengajak para mahasiswa Unnes untuk aktif mengambil kesempatan selama kuliah. Ia menekankan pentingnya menganggap kegagalan sebagai peluang belajar, dan mengajak mahasiswa untuk tidak ragu memanfaatkan setiap peluang.  “Say yes to every good opportunities karena kesempatan tidak datang dua kali. Jadi kalau teman-teman masih kuliah, jatah gagal dihabisin aja, karena life doesn’t come twice,” ungkapnya saat diwawancarai tim BP2M Unnes (26/11).

Selain sebagai seminar inspiratif, seminar Talk Show HIRING 2023 juga menjadi puncak dari rangkaian kegiatan “CLC 2023”, yakni Kompetisi CV dan LinkedIn yang berlangsung dari 17 Oktober hingga 24 November lalu. Lomba perdana yang diadakan oleh Duta FEB ini bertujuan untuk melatih dan mengembangkan kemampuan menulis CV dan LinkedIn sesuai dengan aturan standar guna diaplikasikan secara  langsung dalam dunia kerja di masa depan.

Salah satu pemenang lomba CLC, Mohamad Imam Dimas, berharap kompetisi ini dapat menjadi kegiatan tahunan.  Menurutnya lomba ini cukup bermanfaat bagi mahasiswa dalam hal pengembangan CV. “Saya harap lomba CV dan LinkedIn seperti ini dapat diadakan setiap tahun. Karena sangat bermanfaat, terutama untuk mahasiswa yang berencana mengikuti magang. ” ujarnya. 

Reporter: Novyana, Ananda Fathiyyah Utami

Penulis: Ananda Fathiyyah Utami

Editor: Laily Mukaromah

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here