foto kkn desa munding
Mahasiswa KKN, Perangkat desa dan warga Desa Munding yang berswafoto di depan TPS SInar Baru[Doc, Pribadi Penulis]

Tempat pembuangan sampah (TPS) Sinar Berkah Desa Munding  Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang diresmikan pada Jumat(6/3) kemarin. TPS ini merupakan hasil inisiasi dari mahasiswa KKN Unnes.

Acara peresmian TPS Sinar Berkah dihadiri oleh Kepala Desa Munding, Romdoniyatun S.Ag,  dosen pembimbing lapangan KKN, ketua pengelola TPS Sinar Berkah, mahasiswa KKN dan warga sekitar. Peresmian dilakukan dengan penyerahan plang nama TPS Sinar Berkah oleh koordinator mahasiswa KKN kepada Kepala Desa Munding.

Dalam kesempatan ini Romdoniyatun berkata bahwa sampah merupakan masalah yang mendasar yang ada di Desa Munding karena masih banyak masyarakat yang membuang sampah kesungai.

“Dengan diresmikannya Tempat Pembuangan Sampah Sinar Berkah diharapkan memiliki dampak positif bagi lingkungan Desa Munding sehingga masyarakat tidak lagi membuang sampah disungai karena sekarang masyarakat memiliki wadah untuk membuang sampah”. Ujar Romdoniyatun.

Sebelumnya pengelolaan TPS di Desa Munding belum berfungsi secara maksimal. Hal inilah  yang menjadi mahasiswa KKN berinisiatif untuk menghidupkan TPS agar tidak ada masyarakat yang membuang sampah ke sungai dan lingkungan menjadi lebih rapi.

“Awalnya kita dengerin permasalahan yang ada di desa. Ternyata pengelolaan TPS itu belum jalan secara maksimal, akhirnya kita inisiatif buat menghidupkan kembali pengolalaan TPS”. Ujar Anton selaku coordinator mahasiswa KKN.

Mahasiswa KKN dalam pelaksanaannya bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Semarang. Selain itu juga telah dibentuk struktur kepengurusan yang diketuai oleh Ilham warga Desa Munding. Kepengurusan ini diharapkan agar pengelolaan TPS Sinar Berkah Desa Munding  dapat berfungsi dengan baik.

penulis: Tim KKN Unnes Desa Munding

Editor: Nila Lutfiatul Fadilah