Pameran Seni Rupa

Pameran seni rupa “Ameliorate” mewarnai Galeri B9 Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Semarang (Unnes) pada tanggal 27 hingga 29 November 2020 lalu. Pameran yang diselenggarakan oleh mahasiswa program studi Pendidikan Seni Rupa Unnes Angkatan 2018 ini merupakan implementasi dari mata kuliah pameran seni rupa dalam upaya edukasi dan menghidupkan kembali arus kegiatan berkesenian mahasiswa Unnes.

Tajuk Ameliorate yang memiliki arti memperbaiki dipilih sebagai respons mahasiswa terhadap pandemi Covid-19 dalam wujud karya seni agar masyarakat mampu memupuk kesadaran manusia terhadap dampak dan juga respon manusia dari adanya pandemi Covid-19. Segala hal yang terjadi saat ini merupakan proses perbaikan atas kehidupan yang dilalui. Memperbaiki segala aspek kehidupan merupakan respons dari kejadian yang telah menimpa dunia saat ini.

[Doc. Ameliorate]
Pameran ini digelar secara luring dengan menampilkan karya di Galeri B9. Sementara itu, acara pembukaan pameran dilakukan secara hybrid (luring dan daring). Acara ini terbuka untuk umum dan turut dihadiri dosen-dosen seni rupa Unnes. Acara pembukaan dimulai hari Jumat, 27 November 2020 pukul 08.00, diawali dengan sambutan Muhammad Fikri selaku ketua penyelenggara dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama dibawakan oleh M. Rahman Athian dan Purwanto selaku dosen pembimbing, dilanjutkan dengan sambutan dari ketua jurusan seni rupa, sekaligus pembukaan pameran secara resmi oleh Syakir. Acara dilanjutkan dengan tur karya, yang dapat pula diikuti melalui Zoom Meeting. Selain itu, kegiatan juga disiarkan langsung melalui channel Youtube Himpunan Mahasiswa (HIMA) Seni Rupa Unnes dan Instagram di akun @ameliorate18.

Inti dari acara tur pameran ini adalah kegiatan kurasi karya oleh kurator pameran. Tautan katalog daring juga dibagikan melalui Zoom Meeting dan diakses setelah mengisi daftar kehadiran pameran secara daring. Pengunjung juga dapat melihat karya secara langsung di galeri B9 mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB dengan mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan hand sanitizer, menjalani pengecekan suhu tubuh, dan menjaga jarak antar pengunjung. Di hari kedua, juga diadakan Diskusi Seni Rupa yang dimulai pukul 09.00 melalui zoom meeting, youtube, dan instagram dengan tema “Estetik Seni Virtual” dengan menghadirkan Ichsan Hatib, salah satu dosen seni rupa Unnes sebagai pembicara. Pameran ini menghadirkan 32 karya dari mahasiswa peserta mata kuliah pameran seni rupa Angkatan 2018 yang meliputi karya lukis, drawing, komik, digital art, kriya, dan instalasi. Acara penutupan pameran ini dilaksanakan pada Minggu, 29 November 2020 pukul 15.00 WIB.

[Doc. Ameliorate]
Salah satu mahasiswa pendidikan seni rupa, Anisa Melianti mengungkapkan bahwa dengan dihelatnya Pameran Seni Rupa Ameliorate, diharapkan dapat menjadi wadah penyaluran ide-ide kreatif para mahasiswa untuk menunjukkan potensi, kreativitas, dan pencapaian artistiknya. Selain itu, melalui pameran ini juga diharapkan bisa menjadi sarana untuk saling memotivasi antarmahasiswa, mengukur potensi dalam berkarya, serta sebagai ajang interaksi para mahasiswa untuk meningkatkan wawasan dan keterampilannya di bidang seni rupa.

Penulis: Gallah Akbar Mahardika

Editor: Wahidatul Hanifah

 

Tinggalkan Balasan