Dokumentasi kegiatan lomba mewarnai yang diselenggarkan oleh Tim KKN Tematik Unnes di Desa Kedungcino [Doc. Penulis]

Sejalan dengan adanya program dari pemerintah Provinsi Jawa Tengah “Jateng Gayeng Ndhandhani Omah Bareng”, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperakim) Jawa Tengah bekerjasama dengan Universitas Negeri Semarang (Unnes) melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk menjalankan program yang bertujuan untuk menciptakan rumah layak huni tersebut.

Rabu (05/05) mahasiswa KKN yang ditempatkan di Desa Kedungcino sukses menyelenggarakan sosialisasi rumah layak huni melalui lomba mewarnai yang bertempat di Perpustakaan Pandansari, Desa Kedungcino. Kegiatan tersebut sukses dalam sosialisasi mengenalkan karakteristik kriteria rumah layak huni kepada anak-anak masyarakat Desa Kedungcino. Lomba tersebut diikuti oleh dua puluh peserta dari berbagai TK dan SD di Desa Kedungcino.

Anak-anak Desa Kedungcino sedang mengikuti lomba mewarnai [Doc. Penulis]
“Melalui kegiatan lomba mewarnai, diharapkan anak-anak yang kelak menjadi generasi penerus bangsa dapat mengetahui kondisi ideal rumah layak huni. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan ajang promosi adanya perpustakaan yang terletak di Desa Kedungcino. Tidak lupa kami juga mengimbau kepada seluruh peserta untuk mematuhi protokol kesehatan,” ujar salah satu mahasiswa KKN Tematik Unnes, Fitra.

Puspa, selaku penanggung jawab program kerja ini, menjelaskan tentang kriteria rumah layak huni kepada peserta lomba mewarnai. “Rumah layak huni itu rumah yang memiliki sanitasi yang sehat, ventilasi, luasnya lebih dari 7,2 m2, dan memiliki akses air minum yang layak,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa KKN Tematik Unnes juga membagikan poster yang telah disediakan dari pihak Disperakim. Poster tersebut berisi kriteria  rumah layak huni, mekanisme penyaluran bantuan, serta program-program dari Disperakim lainnya. Diharapkan dengan pembagian poster ini, peserta dapat menyampaikan kepada orang tua, sehingga orang tua peserta juga mendapatkan informasi terkait program-program Disperakim.

Lomba mewarnai ini didukung sepenuhnya oleh pemerintah desa, sehingga dapat berjalan dengan lancar dan menuai banyak apresiasi dari berbagai kalangan masyarakat Desa Kedungcino.

 

Penulis: Tim KKN Tematik Unnes Desa Kedungcino

Tinggalkan Balasan