sesi pemaparan materi oleh Dhanny Rizky Utama (16/11) [Dok.Penulis]

Rabu (16/11), Danacita mengadakan kegiatan workshop bertajuk “Danacita Community Summit Semarang: Belajar Peluang Bisnis & Digital Marketing Untuk Mahasiswa”. Kegiatan tersebut digelar untuk mengedukasi mahasiswa mengenai literasi finansial dalam berbisnis. Workshop yang dilaksanakan di Kafe Babe, Dusun Patemon, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, itu dihadiri oleh beberapa organisasi mahasiswa dari kampus yang ada di Semarang. Sederet mahasiswa yang menghadiri acara tersebut diantaranya berasal dari Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus),  Universitas Stekom Semarang, Universitas Wahid Hasyim (Unwahas), dan Universitas Ngudi Waluyo (UNW).

Dhanny Rizky Utama, Growth Marketing Asisten Manager Danacita, mengungkapkan selain untuk meningkatkan akses pendidikan di Indonesia, kegiatan tersebut juga bertujuan agar mahasiswa dapat memanfaatkan perkembangan digital saat ini, seperti berbisnis. “Karena misi Danacita tidak sebatas untuk memperluas akses pendidikan melalui pembiayaan. Namun, juga pemberdayaan pendidikan melalui pelatihan dan program-program lain” ujar Dhanny, di sela-sela kegiatan.

Berbisnis menjadi salah satu upaya bagi mahasiswa untuk menambah penghasilan tambahan. Dalam kegiatan tersebut, Dhany menuturkan bahwa seorang pebisnis pemula harus memahami tingkah laku dan kebutuhan konsumen. Hal tersebut dapat dilakukan melalui pemanfaatan teknologi digital, seperti internet.

Akses informasi yang luas merupakan salah satu kelebihan dari penggunaan teknologi digital. Selain itu, pemasaran dengan memaksimalkan teknologi digital dapat menghemat biaya. Dengan cara tersebut, promosi produk dapat dilakukan dengan modal usaha yang minim.

Hingga saat ini, Program Community Danacita yang diberi nama SahabatDanacita ini telah terselenggara di Semarang sebanyak dua kali. Program tersebut berbentuk pelatihan yang digelar untuk meningkatkan kapabilitas mahasiswa. Kegiatan itu juga dilatarbelakangi karena masih adanya hambatan finansial yang dialami mahasiswa, baik dalam pendidikan maupun dalam ranah kemampuan pengelolaan keuangannya.

Upaya Danacita Meningkatkan Literasi Bisnis Bagi Mahasiswa

Salah satu upaya Danacita untuk mencapai misi tersebut adalah dengan membentuk program komunitas “Sahabat Danacita”. Program itu berisi komunitas mahasiswa dari berbagai mitra institusi pendidikan yang telah bekerjasama dengan Danacita. Mereka berkumpul atas dasar tujuan yang sama, yaitu memperluas akses pendidikan di Indonesia. Selain itu, dengan bergabung di Sahabat Danacita, para peserta juga dapat mengembangkan kemampuan atau skill yang mereka miliki dengan mengikuti seluruh program pengembangan dari Danacita. 

Selain itu, mahasiswa yang tergabung di Sahabat Danacita berkesempatan untuk mendapatkan eksklusif mentoring dari para ahli yang sudah berpengalaman di Danacita. Mentoring ini memberikan kesempatan bagi Sahabat Danacita untuk mendapatkan konsultasi karir maupun skill bersama dengan tim Danacita secara gratis. Danacita juga memberikan kesempatan magang bersertifikat khusus, yang nantinya dapat dicantumkan pada CV maupun portfolio.

Tidak hanya itu, Sahabat Danacita juga memiliki kesempatan untuk memperluas jaringan, “Teman-teman dapat berpartisipasi aktif dan berkolaborasi dengan Sahabat Danacita lainnya, baik di dalam kampus maupun di luar kampus.” ujar Novita Desy Kusumaningtyas selaku Community Program Lead Danacita.

Dengan menjadi bagian dari Sahabat Danacita, kesempatan untuk meningkatkan reputasi maupun personal branding pun terbentang luas. Hal itu karena peserta berpeluang untuk mendapatkan exposure melalui publikasi di official media Danacita.

Sahabat Danacita pada Program Campus Ambassador (16/11) [Dok.Penulis]
Peran Danacita Permudah Akses Pendidikan

Danacita merupakan platform yang memberikan solusi pembiayaan bagi pelajar, mahasiswa, maupun tenaga profesional untuk menempuh studi di lembaga pendidikan tinggi maupun program kejuruan. Danacita percaya bahwa pendidikan dapat diakses oleh semua orang yang ingin meningkatkan kapasitas diri dengan pembiayaan pendidikan yang terjangkau.

Danacita telah berhasil memberikan solusi pembiayaan bagi puluhan ribu pelajar untuk mendapatkan pendidikan di insititusi pilihan mereka dengan lebih dari 100 pilihan institusi pendidikan formal maupun non formal di seluruh Indonesia. Melansir dari situs resmi danacita.co.id jumlah pengguna aktifnya mencapai 11,421 dengan total pendanaan lebih dari 185 miliar.

Rivan Siswoyo, Senior Sales Danacita, menyampaikan hadirnya Danacita untuk mempermudah akses pendidikan.  “Harapannya adalah kami dapat memberikan solusi pembiayaan kuliah yang terjangkau untuk membantu biaya pendidikan mahasiswa, di kampus partner resmi Danacita” tutur Rivan (16/11).

Hadir dari Sabang sampai Merauke, Danacita telah bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Jawa Tengah. Danacita telah bekerja sama resmi dengan lebih dari 100 institusi pendidikan tinggi baik negeri maupun swasta. Termasuk dengan Universitas Negeri Semarang yang telah terjalin sejak bulan Agustus tahun 2022. 

Danacita telah terbukti sebagai lembaga keuangan yang aman dan terpercaya karena berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa keuangan (OJK). Selain itu, platform tersebut telah mendapat sertifikasi ISO 27001 sehingga keamanan data pengguna terjamin. 

“Kami telah berizin dan diawasi OJK, serta telah tersertifikasi ISO 27001 yang menjamin keamanan data. Jadi mahasiswa tidak perlu khawatir lagi dalam mencari solusi pembiayaan untuk pendidikannya,” tegas Rivan.

Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama (16/11) [Dok.Penulis]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here